Kamis, 22 Oktober 2009

TANDA-TANDA BAHAYA MASA NIFAS

TANDA-TANDA BAHAYA MASA NIFAS
Jika anda melihat hal-hal berikut ini atau memperhatikan bahwa ada sesuatu yang tidak beres atau melihat salah satu dari hal-hal berikut ini, maka ibu tersebut akan perlu menemui seorang bidan dengan segera:

• Perdarahan hebat atau peningkatan perdarahan secara tiba-tiba (melebihi haid biasa atau jika perdarahan tersebut membasahi lebih dari 2 pembalut saniter dalam waktu setengah jam)
• Pengeluaran cairan vaginal dengan bau busuk yang keras
• Rasa nyeri di perut bagian bawah atau punggung
• Sakit Kepala yang terus menerus, nyeri epigastric, atau, masalah penglihatan
• Pembengkakan pada wajah dan tangan
• Deman, muntah, rasa sakit sewaktu buang air seni, atau merasa tidak enak badan
• Payudara yang memerah, panas, dan/atau sakit
• Kehilangan selera makan untuk waktu yang berkepanjangan
• Rasa sakit, warna merah, kelembutan dan/atau pembengkakan pada kaki
• Merasa sangat sedih atau tidak mampu mengurus diri-sendiri atau bayi
• Merasa sangat letih atau bernafas terengah-engah



LOCHIA

Setelah anda melahirkan, uterus harus memulihkan kesehatannya sendiri ditempat dimana placenta melepaskan diri dan juga uterus menjalani proses kembali ke ukuran dan bentuk semula setelah sembilan bulan menampung bayi. Uterus tersebut melakukan hal-hal ini dengan cara membersihkan lapisan bagian luar dan kemudian membangun kembali lapisan baru dari dalam. Ketika ia menguras lapisan lama, maka kotoran tersebut akan keluar melalui vagina, seperti pada saat datang bulan. Warna dan konsistensinya akan berubah saat uterus tersebut mengalami pemulihan dan kembali ke ukuran semula. Pada saat permulaannya, hampir seluruh cairan yang keluar akan merupakan darah. Sebagian besar kehilangan darah terjadi pada jam pertama setelah melahirkan, kemudian perlahan-lahan melambat selama 9 jam berikutnya, dan kemudian akan serupa dengan haid normal yang biasa. Selama 2 sampai 4 hari pertama, cairan yang keluar tersebut akan berwarna merah atau cokelat tua, dan akan berbau amis daging, dan anda mungkin akan memerlukan satu pembalut setiap 2 hingga 4 jam. Cairan ini kemudian akan berubah menjadi merah cokelat muda, yang mengeluarkan bau apek dan basi, dan akan berlangsung selama 7 hari hingga 3 minggu. Anda akan bisa merasakan bahwa anda sudah sampai pada tahap akhir dari kesembuhan ketika cairan yang keluar sudah berubah warna menjadi putih kekuning-kuningan. Cairan ini tidak akan berbau tidak enak lagi, dan mungin akan berlangsung sampai 6 minggu setelah melahirkan.

Ketika placenta memisahkan diri dari uterus, placenta tersebut meninggalkan luka terbuka pada dinding uterus. Uterus akan membuat sebuah keropeng atau lapisan sementara, di tempat dimana placenta tersebut tadinya berada untuk menghentikan perdarahan dan mempermudah penyembuhan. Ketika lapisan keropeng tersebut mengelupas, anda mungkin akan mengalami perdarahan vaginal antara 7 dan 14 hari. Jika ini hanya bersifat sementara dan tidak berlangsung lebih dari 2 jam atau tidak lebih hebat dari haid besar, maka keadaan tersebut kemungkinan besar adalah suatu hal yang normal.

Perubahan dalam pengeluaran cairan vaginal bisa merupakan pertanda bagi anda bahwa uterus anda sudah sedang dalam proses penyembuhan dengan baik. Adalah sangat penting untuk memastikan agar anda menjaga kebersihan, mengganti pembalut/kain secara teratur, dan menjaga agar vagina anda tetap kering dan bersih.

NYERI SETELAH KELAHIRAN/FUNDUS

Setelah anda melahirkan, uterus anda akan memerlukan agar ia terus berkontraksi untuk mencegah perdarahan. Kontraksi adalah sama dengan kontraksi sewaktu persalinan, hanya saja sekarang tujuannya berbeda. Sebagaimana anda ketahui, ketika uterus berkontraksi, anda akan merasa sakit mules. Inilah yang disebut nyeri setelah melahirkan. Hal ini akan berlangsung 2 hingga 3 hari setelah melahirkan. Ada beberapa hal yang membuat kontraksi tersebut terjadi – obat-obatan yang diberikan untuk membantu menghentikan perdarahan dan pemberian ASI. Wanita yang sudah memiliki bayi pertama akan lebih sedikit mengalami masalah dalam hal ini dibanding wanita yang memiliki lebih dari satu bayi atau wanita yang memiliki kembar dua atau tiga.

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi nyeri setelah melahirkan ini. Hal yang paling penting ialah membuang air kecil secara teratur agar supaya kantung kemih anda tidak menjadi penuh. Bila kantung kemih penuh, maka hal itu akan menghambat uterus berkontraksi dengan baik sebagaimana mestinya. Selain daripada itu, anda bisa:

1) Berbaring tengkurap dengan sebuah bantal dibawah perut anda. Pada mulanya mungkin hal ini akan menambah ketidak-nyamanan, tetapi kemudian keadaan ini lambat laun akan berkurang dan kemudian lenyap.
2) Cobalah mandi duduk, berjalan atau merubah-rubah posisi.
3) Makanlah sedikit/beberapa paracetamol/acetaminophen kira-kira selama satu jam sebelum anda tahu bahwa anda akan memberi ASI kepada bayi anda.

Selain daripada merasakan nyeri akibat adanya kontraksi, anda juga akan melihat bahwa puncak uterus anda akan menjadi lebih keras seperti sebuah bola didalam perut anda. Pada saat uterus anda menjadi keras, hal tersebut berarti bahwa ia berkontraksi dengan baik untuk menghentikan perdarahan dan bahwa ia sedang dalam proses mengecil dan menjadi sembuh. Setelah melahirkan, bagian puncak dari uterus, atau yang disebut fundus, akan naik keatas dan berada pada tingkat yang sama dengan pusat anda. Selama beberapa hari berikutnya, fundus tersebut akan turn dan turun hingga, setelah kira-kira 10 hari kemudian, sudah tidak bisa diraba lagi. Biasanya dibutuhkan 6 minggu sebelum uterus bisa kembali ke tempat semula sebelum kehamilan.

Rabalah uterus anda untuk memastikan bahwa bentuknya sudah bagus dan sudah mengeras. Memasas uterus secara lembut dan perlahan akan bisa membantunya berkontraksi atau terus berkontraksi. Lakukanlah hal ini beberapa kali dalam sehari.

Meskipun kontraksi sehabis melahirkan ini mungkin terasa tidak nyaman bagi anda, namun hal ini akan memastikan bahwa uterus anda sudah berkontraksi dengan baik dan normal dan dapat mengendalikan perdarahan.


PERINEUM
Sewaktu proses kelahiran, vagina dan vulva akan menjadi melebar dan mungkin juga telah mengalami cedera. Anda akan melihat bahwa bagian genital anda sedikit memerah, bengkak, lecet, mungkin juga terluka. Ini semua adalah normal kecuali jika terjadi rasa panas yang meningkat atau jika terjadi kelembekan pada area genital tersebut, atau bila ada cairan yang baunya tidak enak Hal ini bisa terasa sangat tidak nyaman namun biasanya akan lebih baik dalam waktu 1 sampai 2 minggu kemudian. Kelembutan biasanya akan berkurang lebih cepat.

Setelah kelahiran, anda akan rentan terhadap infeksi. Oleh karena itu, penting sekali agar daerah-daerah tersebut dijaga agar tetap kering dan bersih dan ingatlah selalu untuk membersihkan dan mencucinya dari arah depan ke belakang untuk mencegah penyebaran kuman dari anus kedalam vagina anda. Selalulah cuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut atau setelah memegang/menyentuh daerah genital anda. Mungkin anda akan menggunakan tissue antiseptik lembab atau kertas toilet dengan cara menepuk-nepukkannya. Juga, anda mungkin perlu untuk mengganti kain saniter anda secara teratur. Letakkanlah kain pembalut/saniter tersebut dengan tepat agar tidak menggesek dan menimbulkan rasa gatal pada daerah genital anda, jangan menyentuh daerah kain yang akan melekat ke kulit, dan selalulah pasang dan lepas kain pembalut tersebut dari arah depan ke belakang.

Jika pada suatu waktu anda melihat bahwa terdapat cairan keluar yang berbau tidak enak, atau bila terlihat warna merah yang terus bertambah didaerah genital anda maka anda perlu memanggil bidan karena hal tersebut bisa berarti telah terjadi infeksi.

Ada beberapa hal yang anda bisa lakukan untuk mendorong proses penyembuhan dan juga untuk membantu mengurangi rasa nyeri:


1) Anda boleh meletakkan beberapa potong es didalam sebuah kantung plastik, menutupnya dengan sehelai kain yang bersih dan lembab, lalu meletakkannya diatas daerah genital anda untuk menurunkan pembengkakan dan juga untuk meng-anestasi daerah tersebut. Biarkan potongan es tersebut berada diatas daerah tersebut selama kirang lebih 20 menit, dua atau tiga kali sehari.
2) Anda boleh duduk didalam air hangat (102-105F) atau dingin setinggi 4-6 inci yang anda taruh didalam bak mandi. Duduklah didalam air tersebut selama 30 menit, 2 atau 3 kali sehari. Jika anda memakai metoda ini, maka pastikanlah agar bak yang anda pergunakan benar-benar bersih sebelum menuangkan air kedalamnya dan juga setelah menggunakannya. Hal ini perlu untuk mencegah timbulnya infeksi.
3) Anda bisa melakukan apa yang dinamakan Kegel exercises untuk memperbaiki sirkulasi darah didaerah tersebut untuk membantu memulihkan tonus ototnya. Untuk melakukan hal ini, bayangkanlah otot perineal anda seakan sebuah escalator. Ketika anda relaks, escalator tersebut berada di lantai satu. Secara perlahan, gerakkan otot anda untuk menaikkannya ke lantai dua, tiga dan empat. Ketika sudah sampai ke lantai empat, tahan disana selama beberapa detik lalu kemudian kendurkan daerah tersebut secara perlahan. Ini bisa dikerjakan dimanapun dan kapanpun. Anda bisa mengetahui bahwa anda telah melakukan latihan tersebut dengan benar hanya jika otot perineal anda saja yang bergerak dan bukan otot paha atau otot pantat anda.

Untuk banyak wanita, ketidak-nyamanan bagian genital merupakan saat yang paling tidak enak pada waktu paska melahirkan. Namun hal ini, merupakan suatu hal yang mengingatkan betapa sulitnya tugas anda pada saat dan proses persalinan. Hal tersebut juga bisa menjadi suatu pertanda yang akan mengingatkan anda bahwa tubuh anda sedang dalam proses penyembuhan dan bahwa anda perlu menjaga agar anda benar-benar menjaga diri anda dalam masa transisi ini.


HEMORRHOIDS
Selama masa kehamilan, banyak ibu-ibu mengalami hemorrhoids oleh karena mereka cenderung mengalami masalah konstipasi dan karena uterus yang penuh selalu menekan pada pembuluh darah di bagian anus dan rectum. Pada waktu melahirkan, hemorrhoids ini bisa menjadi lebih parah, atau sebagian wanita malah mengalami hemorrhoids baru lagi oleh karena tekanan kepala bayi saat lahir dan oleh karena upaya meneran. Bila anda sebelumnya tidak mengalami ini sebelum hamil, maka mungkin hal tersebut akan lenyap dalam waktu beberapa minggu kemudian. Akan tetap jika anda sudah mengalaminya sebelum kehamilan, maka anda akan merasa sedikit lebih baik dalam waktu beberapa minggu kemudian tetapi tidak akan lenyap sama sekali.

Mengenai masalah daerah genital, penting sekali untuk menjaga agar daerah anus anda selalu bersih untuk mencegah terjadinya infeksi. Juga anda harus selalu ingat untuk mencuci tangan anda sebelum dan sesudah menyentuh daerah anus anda.

Ada beberapa hal yang anda bisa lakukan untuk mengurangi rasa nyeri/sakit ini:

1) Anda bisa duduk didalam air hangat (102-105F) atau air dingin setinggi 4-6 inci yang anda tuang didalam bak mandi. Duduklah didalam air tersebut selama kurang lebih 30 menit, 2 atau 3 kali dalam sehari. Jika anda menggunakan metoda ini, maka pastikan agar bak mandi anda benar-benar bersih sebelum dan sesudah menuangkan air kedalamnya untuk pengobatan ini. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah infeksi.

2) Hindari duduk terlalu lama dan, ketika berbaring, cobalah berbaring miring.

3) Anda harus banyak minum, terutama jus buah, dan pastikan anda memakan makanan berserat agar supaya buang air besar bisa lancar. Bidan anda mungkin akan memberitahukan agar anda makan bahan pelembut kotoran untuk memastikan agar lebih nyaman pada saat buang air besar.

4) Bidan anda mungkin akan menyuruh anda untuk menggunakan saleb Nupercainal ointment atau TUCKS untuk meringankan nyeri akibat hemorrhoids ini.


DIURESIS/DIAPHORESIS

Selama kehamilan, tubuh anda menyimpan cairan tambahan yang banyak untuk membantu tubuh anda meningkatkan pertumbuhan badan bayi, dan untuk membangun cadangan yang cukup agar supaya bisa mengatasi kehilangan darah pada saat kelahiran. Segera setelah kelahiran, tubuh anda tidak lagi memerlukan cairan tambahan tersebut dan akan mengalami suatu perubahan yang besar untuk bisa menghilangkannya. Ada dua cara yang bisa digunakan tubuh untuk menghilangkan cairan ini, yaitu melalu air seni dan melalui keringat. Jadi, selama minggu pertama, tetapi kebanyakan pada hari kedua hingga hari kelima, anda akan melihat bahwa anda lebih sering buang air seni dan malam hari mungkin akan berkeringat pula. Pada akhir minggu pertama anda akan melihat bahwa anda sudah dapat menghilangkan pembengkakan yang anda alami selama kehamilan.

Ini adalah suatu proses tubuh yang normal jadi yang perlu anda lakukan hanyalah membantu tubuh anda dalam proses tersebut. Jangan menghambat jalannya cairan tersebut karena anda akan banyak buang air kecil. Tetaplah minum air yang banyak, dan cobalah meminum air sedikitnya 1 cangkir setiap jam selama anda terjaga. Mungkin anda ingin melap kering tubuh anda dengan menggunakan kain lembab atau mungkin anda merasa perlu mandi lebih sering karena banyak mengeluarkan keringat. Gantilah seperai dan baju anda lebih sering agar lebih merasa nyaman dan kering.

Anda mungkin akan merasa bahwa berpeluh dan kencing lebih banyak merupakan hal yang menjengkelkan dan anda tidak perlu melakukan sesuatu untuk mengatasinya. Hal ini mungkin benar demikian, tetapi ingatlah bahwa hal itu adalah satu pertanda lainnya bahwa tubuh anda memang sedang berfungsi baik dengan caranya yang mengagumkan untuk mencoba dan kembali ke keadaan semula sebelum anda menjadi hamil.


FUNGSI USUS (BUANG AIR BESAR)

Secara umum, sebagian besar wanita akan bisa buang air besar dalam kurun waktu tiga hari pertama setelah melahirkan, dan kemudian akan kembali ke jadwal buang air besar yang biasa. Akan tepai, sebagian wanita mungkin akan menemui kesulitan dengan adanya konstipasi setelah melahirkan. Hal ini adalah disebabkan fungsi perut yang bisa terpengaruh dalam beberapa cara. Pertama, pergerakan perut menjadi berkurang selama persalinan dan beberapa saat setelahnya. Kedua, jika anda mendapatkan obat pengurang rasa sakit selama proses melahirkan, hal tersebut juga bisa mengurangi gerak usus anda. Dan akhirnya, banyak ibu-ibu takut membuang air besar setelah mereka melahirkan anak oleh karena mereka takut bahwa hal itu akan menimbulkan rasa sakit atau akan merusak episiotomy atau robekan lainnya.

Ada beberapa hal yang anda bisa lakukan untuk mencegah konstipasi ini:
* Minumlah cairan yang lebih banyak,
* Makanlah makanan yang berserat lebih banyak
* Makanlah buah-buahan atau minumlah banyak jus buah
* Pastikan bahwa anda mendapatkan istirahat yang banyak
* Lakukan senam
* Kembangkan kebiasaan buang air besar secara teratur
* Buanglah air besar segera setelah terasa mendesak

Konstipasi bisa menjadi hal yang menjengkelkan dan bahkan bisa menyakitkan. Obat yang paling baik adalah mencegahnya dengan cara mengikuti saran-saran yang diberikan diatas. Bahan pelembut (pelembek) kotoran bisa disarankan jika masalah yang dihadapi benar-benar serius. Bicaralah dengan bidan anda mengenai hal ini.


KEPENUHAN DAN PEMBESARAN PAYUDARA

Selama kehamilan, payudara anda akan membesar dalam persiapan penyusuan bayi. Setelah melahirkan, antara hari kedua dan keempat, payudara tersebut akan membesar lebih lanjut saat produksi susu dimulai. Pada hari ketiga, payudara anda mungkin akan terasa berat, hangat, lembut dan sakit.

Jika anda menyusui bayi anda, ada tiga hal yang anda bisa lakukan untuk mencegah pembesaran payudara dengan mendorong pengosongan payudara tersebut:
* Mulailah pemberian ASI sedini mungkin
* Berilah ASI kepada bayi setiap 2 sampai 3 jam dan jangan memberi bayi minum air atau bahan suplemen
* Gunakan kedua payudara pada setiap pemberian ASI

Kadang-kadang payudara akan membengkak, kulitnya menjadi kencang, mengkilap, dan berwarna merah, serta pembuluh darahnya menjadi terlihat. Hal ini merupakan fenomena umum yang dinamakan pembesaran (engorgement). Sisi baiknya ialah bahwa hal itu akan lenyap dengan sendirinya dalam tempo 24 hingga 48 jam setelah itu; sisi buruknya adalah hal tersebut bisa menjadi tidak nyaman bagi wanita yang mengalaminya.

Jika anda melihat bahwa payudara anda sudah membesar, ada beberapa hal yang anda bisa lakukan untuk meringankan pembengkakan dan rasa nyerinya:

X Kenakan kehangatan ke payudara anda – hal ini bisa berupa kain atau handuk yang dicuci dan dihangatkan, atau air mandi yang hangat, atau dengan jalan merendam payudara anda didalam air yang hangat
X Jika puting susu anda juga bengkak, secara manual perahlah air susu anda sebelum memberi ASI

X Jika bayi anda sudah berhenti menyusu sedang payudara anda masih terasa penuh, maka anda perlu mengosongkan payudara anda secara manual (perah dengan tangan)
X Gunakan BH penopang yang baik. Pastikan bahwa tidak ada daerah atau bagian dari BH tersebut yang bisa menyebabkan penekakan pada payudara. Titik-titik tonjolan (penekan) tersebut bisa menyebabkan pembengkakan lebih lanjut.

X Letakkan kantung es diatas payudara anda diatara dua saat penyusuan untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan
X Makanlah paracetamol/acetaminophen untuk menghilangkan rasa sakit


Jika anda tidak menyusui bayi anda, maka ada bebeerapa hal yang anda bisa lakukan untuk mengurangi rasa sakit ketika payudara anda membesar:
* Gunakan BH yang dapat menunjang dan berukuran pas dengan payudara anda sedikitnya 6 jam setelah anda melahirkan. Jika anda tidak mempunyai BH yang baik, gunakan penopang payudara (breast binder). Hal ini bukan hanya akan menopang payudara tetapi juga akan mencegah ketidak-nyamanan akibat pergerakan payudara yang terasa sakit tersebut.
* Kenakan kantung atau bungkusan es ke payudara untuk mengurangi rasa sakit dan untuk mencegah aliran air susu
* Hindari rangsangan payudara, karena hal itu bisa mendorong pertambahan produksi ASI.

INGAT, pembesaran/pembengkakan ini hanya akan berlangsung 24 hingga 48 jam, meskipun terasa sangat sakit!!!


PUTING SUSU

Selama kehamilan, puting susu akan berubaha menjadi lebih gelap dan lebih besar dalam persiapan penyusuan. Puting anda mungkin akan membesar/membengkak bila payudara anda membesar/membengkak. Dalam hal tersebut puting tersebut akan menjadi mengkilap dan keras. Sama seperti pada pembesaran, hal ini terjadi antara hari kedua dan keempat setelah melahirkan dan biasanya akan berlangsung hanya selama 24 hingga 48 jam. Gunakan teknik yang sama untuk pembesaran/pembengkakan seperti yang diuraikan diatas.

Ketika anda memberi ASI, anda mungkin akan menemui masalah lain dengan puting anda. Mungkin puting anda akan terasa sakit oleh karena posisi bayi pada saat menghisap ASI, atau oleh karena puting tersebut sakit karena BH yang tidak sesuai. Ada beberapa hal sederhana yang bisa anda lakukan untuk mencegah atau mengurangi rasa sakit ini:
* Oleh karena tegangan terbesar atas puting tersebut adalah sejajar dengan dagu dan hidung bayi, maka rasa sakit puting akan bisa dikurangi jika anda memutar posisi bayi saat ia sedang menyusu.
* Pastikan agar sebagian besar dari areola berada didalam mulut bayi
* Rasa sakit tersebut mungkin akan paling terasa ketika bayi sedang akan mulai menghisap, jadi kenakan sedikit es pada puting dan areola beberapa menit sebelum memberi ASI
* Jaga agar puting anda tetap bersih dan kering – cuci selalu dengan air dan kemudian keringkan dengan cara menepu-nepuknya dengan kain bersih.
* Keringkan puting anda dengan jalan membiarkannya terkena udara setelah memberi ASI, dengan meniup kering, atau dengan mengenakan sinar ultra violet
* Hindari penggunaan krim atau saleb. Basahi sedikit dengan air susu lalu kemudian biarkan mengering sendiri. Atau kenakan kantung yang hangat, lembab terhadap puting tersebut
* Jika BH anda menyebabkan gatal pada puting anda, tidak usah memakai BH untuk beberapa saat atau gunakan hanya BH yang terbuat dari bahan katun.

Puting yang terasa sakit adalah sangat tidak nyaman dan bisa menyebabkan pemberian ASI menjadi traumatis. Ingatlah bahwa sebagian besar masalah tersebut akan segera berakhir dengan sedikit bersabar.


GIZI/NUTRISI

Selama kehamilan anda disuruh untuk makan lebih banyak dan meningkatkan mutu makanan yang anda makan oleh karena janin yang terus bertumbuh dan karena semua perubahan yang terjadi didalam tubuh anda. Kini setelah anda melahirkan anda masih terus harus memberikan perhatian kepada gizi anda. Ada dua alasan untuk ini: 1) Tubuh anda sedang dalam penyembuhan dan sedang menyesuaikan diri ke keadaan tidak hamil dan 2) jika anda menyusui bayi anda, anda perlu memproduksi air susu yang cukup untuk menyehatkan bayi anda.

Jika anda tidak menyusui bayi anda, anda bisa mulai mengikuti diet teratur anda seperti sewaktu sebelum hamil. Anda akan diberi zat besi tambahan yang bisa anda makan selama 40 hari untuk mengisi kembali kehilangan yang terjadi sewaktu melahirkan. Selain daripada itu, anda akan perlu meningkatkan konsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, seperti sayur berwarna hijau, daging dan telur.

Jika anda menyusui bayi anda, anda akan perlu terus mengkonsumsi makanan seperti ketika anda masih hamil oleh karena anda akan memerlukan gizi dan kalori tambahan untuk menghasilkan air susu dan untuk membantu tubuh pulih kembali. Pemberian ASI sesungguhnya lebih berat dalam hal stress akibat gizi dibanding masa kehamilan. Cobalah makan 5 sampai 7 kali sehari, dan pastikan makanan yang dimakan beraneka ragam.

Sementara memberi ASI, anda akan perlu meminum cairan yang lebih banyak dan karena itu hendaknya berupaya meminum segelas air setiap kali memberi ASI. Juga anda harus ingat bahwa makanan dan minuman yang anda konsumsi akan mempengaruhi bayi anda oleh karena ia akan mendapatkan sekian persen dari yang dikonsumsi tersebut saat ia meminum ASI anda. Kafein dan nikotin adalah sangat penting untuk dihindari. Ingat bahwa bukan hanya kopi yang mengandung kafein – banyak soda, teh, dan cokelat juga mengandung kafein didalamnya.

Bidan anda akan memeriksa untuk melihat apakah anda sudah mendapatkan dosis Mebendazole (Vermox) yang cukup untuk cacing. Jika anda belum memakannya selama enam bulan terakhir, maka ia akan membuat resep obat ini untuk anda.

Anda juga akan menerima kapsul vitamine A segera setelah anda melahirkan. Vitamin ini akan melindungi anda dan bayi anda.

Adalah hal yang umum bila anda kehilangan 7 sampai 10 kilograms berat badan segera setelah melahirkan dan kemudian 2 sampai 4 kg lagi selama minggu pertama. Seberapa banyak yang akan hilang akan bergantung pada seberapa banyak dari pertambahan berat badan sebelumnya terdiri dari air.

MALARIA

Malaria bisa menimbulkan anemia yang berat dan mematikan. Kematian akibat Malaria bisa dicegah dengan mengobati Malaria dengan cepat pada waktu anda pertama kali melihat gejalanya. Jika anda mengira bahwa anda terkena Malaria, anda harus menghubungi bidan atau dokter anda. Tidur didalam kelambu yang tidak bisa ditembus oleh nyamuk bisa melindungi bayi baru lahir anda dari serangan malaria.


TIDUR/ISTIRAHAT/KEGIATAN

Banyak wanita merasa heran betapa letihnya mereka, baik secara emosional maupun secara fisik selama bulan-bulan pertama setelah melahirkan. Sesuaikan dengan tanda-tanda yang ditunjukkan tubuh anda mengenai perasaan letih atau energi yang sudah menipis. Tidurlah cepat. Coba juga tidur atau istirahat siang pada saat bayi tertidur. Anda tidak bisa mengendalikan atau bahkan memprediksi kapan bayi akan bangun, tertidur, menangis atau terjaga. Jadi anda perlu untuk menyesuaikan jadwal anda dengan jadwal bayi anda dan mengambil kesempatanan pada jam-jam ketika ia sedang tidur untuk mengimbangi waktu istirahat anda.

Istirahat adalah sangat penting bagi anda oleh karena bukan saja karena tubuh anda sedang dalam proses pemulihan tetapi juga anda akan memerlukan banyak energi agar bisa membuat penyesuaian jadwal yang diperlukan. Cobalah ingat bagaimana reaksi anda ketika anda merasa sangat letih. Jika anda sama seperti kebanyakan orang lain, maka mengingat-ingat hal akan merupakan hal yang sangat berguna untuk mendorong anda beristirahat dan merawat tubuh anda. Jika anda menyusui bayi anda dan terlalu letih, air susu anda mungkin akan berkurang dan hal ini akan menimbulkan masalah bagi bayi anda dan untuk mencoba untuk menetapkan rutinitas pemberian ASI. Jadi demi kesehatan emosional dan fisik anda, serta untuk kesehatan emosiomnal dan fisik keluarga anda, rawatlah diri anda dan pastikan bahwa anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Jika anda tidak mendapatkan ijin untuk beristirahat, carilah pembantu disekitar kampung anda atau silahkan hubungi kami untuk membantu anda mencari solusinya.

Secara tradisional, para wanita sudah diberitahu untuk menunda berangkat kembali ketempat kerja selama 6 minggu. Banyak wanita merasa sudah cukup kuat untuk memulai kerja kembali pada minggu ke 4 atau ke 5. Setiap wanita memang berbeda dalam hal ini. Mulailah kembali ke kegiatan rutin anda secara bertahap dan hanya bila anda sudah merasa siap. Jika anda merasa masih terlalu letih atau tidak mempunyai energi yang cukup sama sekali, anda selalu bisa menghubungi bidan untuk membahas tentang tingkat energi anda.


SUASANA HATI YANG TIDAK MENENTU / URING-URINGAN BLUES)

Setelah kegembiraan atas kelahiran bayi baru adalah normal bila merasa letih, sedih, dan sedikit kecewa tanpa alasan. Sekitar 15 sampai 80 % ibu melahirkan akan merasakan “uring-uringan” (Baby Blues) atau depresi setelah melahirkan. Hal ini biasanya akan berlangsung satu atau dua minggu dan akan terlihat ibu menangis, risau, depresi, gelisah, dan cepat marah. Sebagian orang mungkin tidak akan mengira bahwa depresi ini penting untuk diperhatikan karena hampir semua ibu akan mengalaminya. Namun sebenarnya ini adalah hal penting diketahui jika anda mengalaminya. Dan tidak menganggapnya sebagai suatu hal kecil yang diabaikan.

Setelah anda melahirkan, seluruh hormon anda akan berubah-ubah. Ini adalah salah satu penyebab mengapa anda bisa merasa agak tidak stabil secara emosional. Satu lagi penyebab lain ialah mungkin anda menjadi kurang tidur karena kehadiran bayi. Oleh sebab itu, anda mungkin harus menyesuaikan diri dengan peran anda yang baru, hadirnya seorang bayi baru di rumah anda, adanya perubahan kegiatan sehari-hari untuk memenuhi keperluan bayi yang terus menerus, demikian juga terjadi perubahan hubungan anda dengan pasangan dan anggota keluarga yang lain, serta tugas-tugas rutin lainnya. Hal ini merupakan masa peralihan yang sungguh berat untuk dilewati.

Jika anda merasa diri berada dalam depresi atau tidak mampu untuk mengatasi kehidupan baru anda, bahaslah ini dengan bidan atau dengan seseorang yang anda rasa dekat dengan anda secepat mungkin. Kadang-kadang membicarakan sesuatu hal dengan seseorang akan sangat membantu. Bidan anda mungkin akan merasa bahwa anda memerlukan bantuan dari luar, dan juga ada baiknya berbicara dengan ibu-ibu lain yang anda rasa memiliki pengalaman yang sama. Cara terbaik untuk mendapatkan bantuan terbaik untuk diri anda ialah dengan membahasnya dan berbagi perasaan dengan orang lain.

Ada dua hal yang harus diingat mengenai uring-uringan ini, yaitu: 1) Bahwa hal ini adalah sesuatu yang normal dan 2) Bahwa anda perlu mengenalinya bila anda mengalaminya agar sanda bisa membahasnya dan mendapatkan dukungan yang anda perlukan.


HUBUNGAN DENGAN PASANGAN/KEGIATAN SEKSUAL

Penyesuaian utama yang perlu anda lakukan dalam hidup anda ialah perubahan dalam hubungan anda dengan mitra atau pasangan anda. Memiliki seorang bayi baru akan merubah perasaan anda satu sama lain dan mengenai diri anda sendiri, serta akan merubah caranya anda berhubungan dengan satu sama lain. Anda akan perlu mencari cara untuk membuat penyesuaian penting bagi peran anda yang baru ini. Pada permulaannya, anda mungkin akan merasa kewalahan dalam menjaga bayi anda. Pasangan anda mungkin akan merasa diabaikan dan seakan seluruh perhatian anda sudah tersita untuk bayi tersebut. Dan anda sendiri mungkin akan merasa bahwa pasangan anda tidak cukup membantu atau membiarkan anda melakukan seluruh pekerjaan tersebut. Situasi ini dengan mudah dapat menguras tenaga anda jika anda tidak membuka komunikasi. Pasangan yang mau mendiskusikan secara terbuka dan bisa menyepakati tentang tanggung jawab dan pembagian tugas umumnya bisa lebih mudah mengadakan penyesuaian terhadap perubahan ini. Cobalah untuk membicarakannya sebelum meledak menjadi masalah.

Anda juga akan perlu memupuk hubungan anda sebagai pasangan, suatu hubungan yang ada sebelum kehadiran bayi dan akan terus ada setelah bayi tumbuh dewasa dan akhirnya pergi meninggalkan rumah. Carilah jalan untuk mengerjakan hal-hal persis selayaknya sebagai pasangan, yang bisa mengenali dan mengakui keunikan hubungan yang terpisah dari bayi tersebut. Memupuk hubungan anda bisa merupakan satu cara untuk memupuk diri anda sendiri dan juga memupuk bayi anda sendiri.

Seksualitas merupakan satu aspek yang penting dari hubungan anda sebagai pasangan dan mungkin merupakan pokok pembahasan yang bisa menimbulkan berbagai pertanyaan selama masa segera setelah kelahiran bayi. Banyak hal yang bisa mempengaruhi caranya anda memandang hal seksualitas ini. Anda mungkin merasa letih dan hal ini bisa mengganggu seksualitas anda pada mulanya, meskipun hal itu akan surut secara perlahan. Mungkin vagina anda terasa sakit karena mengalami perobekan, atau menjalani episiotomi, atau hanya karena melahirkan. Anda mungkin telah diperingatkan oleh ibu atau ibu mertua bahwa ada pantangan/larangan untuk melakukan hubungan seksual. Anda mungkin merasa bingung oleh karena ketika bayi anda sedang menyusu, anda merasa terangsang. Pasangan anda mungkin merasa bingung karena ia mengalami rangsangan seksual yang kuat berkaitan dengan ukuran buah dada anda dan pemberian ASI. Semua hal-hal ini bisa mengarahkan banyak ibu-ibu dan pasangannya agar menahan emosi yang kuat untuk melakukan hubungan kelamin dengan segera. Jika memang demikian halnya, maka ada banyak cara untuk menunjukkan rasa cinta anda dan agar dekat dengan satu sama lain – memeluk, mencium, memegang, mengelus. Cara anda mengekspresikan rasa cinta anda tidaklah penting, namun penting untuk membahas perasaan anda dengan pasangan secara terbuka agar supaya masing-masing bisa merasa puas.

Jika anda merasakan ingin melakukan hubungan seksual, ada beberapa hal tertentu mengenai perubahan dalam tubuh anda yang anda perlu ketahui agar supaya pengalaman seksual anda terasa nikmat. Setelah melahirkan, hormon anda akan berfluktuasi dan berubah dan hal ini berarti bahwa pelumas didalam vagina anda akan berkurang. Jika anda tidak memakai semacam bahan pelumas, maka mungkin anda akan sedikit merasa sakit. Juga, mungkin akan memakan waktu yang lebih lama bagi anda untuk mencapai orgasme dan orgasme anda selama beberapa bulan pertama setelah melahir akan lebih pendek dan kurang intens (kuat). Hal ini akan berubah segera setelah tubuh anda selesai melakukan pemulihan kembali ke keadaan sebelum hamil. Terakhir, vagina anda akan terlihat sedikit lebih besar dibanding dengan saat sebelum melahirkan dan lapisan selaput vagina akan memerlukan waktu 6 sampai 10 minggu untuk sepenuhnya sembuh. Untuk membuat hubungan kelamin lebih nyaman bagi anda, anda bisa memakai bahan K-Y jelly atau kondom berpelumass atau anda bisa memilih posisi dimana si wanita bisa mengendalikan dalamnya penetrasi. Jika si wanita berada diatas atau jika anda bisa melakukan hubungan kelamin dengan berbaring miring, maka akan lebih mudah bagi wanita tersebut untuk mengendalikan seberapa dalam penis bisa masuk dan hal ini mungkin bisa mencegah timbulnya ketidak-nyamanan. Sebagai pasangan, anda akan bisa menemukan cara yang tepat untuk merasakan hubungan yang intim secara seksual yang sekaligus nikmat bagi kedua belah pihak dan yang juga sesuai dengan perubahan pada tubuh anda.

Meskipun masa peralihan ini bisa sangat sulit dan menegangkan, namun hal itu bisa menjadi satu peluang untuk mencari cara-cara untuk mempererat hubungan satu sama lain dan cara merangsang secara seksual satu sama lain. Gunakan kesempatan yang baik tersebut!


KEMBALINYA MENSTRUASI DAN KB

Setelah hamil selama 9 bulan dan kemudian melahirkan bayi, tubuh anda akan memerlukan waktu untuk bisa kembali ke siklus haid yang biasa. Seberapa cepat si ibu bisa kembali haid akan bergantung pada banyak factor. Faktor yang paling penting ialah apakah si ibu menyusui bayinya atau tidak, dan jika ia menyusui, seberapa sering dan seberapa banyak ia menyusui. Pada saat bayi menyusu, sejenis bahan akan disekresi (dikeluarkan) yang bisa mengirimkan sinyak ke otak untuk menghambat produksi hormon-hormon tertentu yang dapat merangsang ovulasi. Jadi, bila seorang ibu menyusui bayinya, mungkin ia tidak akan mengalami haid selama antara 30 hingga 36 minggu. Wanita yang tidak menyusi bayinya akan mulai mengalami haid, secara pukul rata 8 minggu kemudian. Setiap wanita akan bereaksi dalam caranya sendiri secara individu.

Sebagian wanita merasa bahwa jika mereka tidak mengalami haid mereka tidak bisa hamil. Hal ini tidak benar dalam kebanyakan kasus. Untuk sebagian besar kasus, wanita akan berovulasi sebelum mereka mengalami haid. Inilah sebabnya wanita bisa hamil kembali setelah baru saja melahirkan anak dan sebelum mereka mengalami haidnya. Ovulasi juga dipengaruhi oleh pemberian ASI. Wanita yang tidak menyusui bayinya akan berovulasi, secara pukul rata, setelah 11 minggu, sedang wanita yang menyusui selama 3 bulan akan berovulasi setelah 17 minggu, dan wanita yang menyusui selama 6 bulan akan berovulasi setelah 28 minggu. Adalah penting untuk memahami bahwa sebagian wanita bisa berovulasi secara dini yakni 35 hari setelah melahirkan.

Jika anda tidak sedang menyusui bayi anda, maka saat untuk mulai memikirkan tentang ber-KB ialah pada saat anda sudah mulai aktif lagi melakukan kegiatan seksual. Hal ini adalah disebabkan karena anda tidak terlindung oleh pemberian ASI dan bisa menjadi hamil lagi dengan cepat.

Jika anda sedang menyusi bayi anda, maka saat yang tepat untuk memikirkan mulai ber-KB akan bergantung pada bagaimana mana caranya anda memberi ASI. Jika bayi anda tidak minum apapun, bahkan airpun tidak, selain ASI, maka anda akan bisa terlindungi selama hingga 4 sampai 6 bulan. Sebaliknya, jika bayi anda juga meminum cairan lain atau juga makan makanan lain diluar ASI, maka anda akan menghadapi resiko ovulasi dan mungkin akan bisa hamil. Pada umumnya, anda perlu mempertimbangkan penggunaan alat KB apabila bayi mengkonsumsi ASI yang semakin berkurang, atau pada saat anda mulai memberi makanan tambahan kepada bayi.
Hal terbaik yang perlu dilakukan ialah membicarakannya dengan bidan pada saat anda sudah mulai aktif kembali dengan kegiatan seksual anda. Bidan akan bisa menjelaskan metoda terbaik untuk digunakan dan kapan anda perlu mulai menggunakannya.


PENUTUP

Periode setelah melahirkan bayi anda merupakan masa yang akan penuh dengan perubahan fisik dan emosional yang beraneka ragam. Tidak ada satu cara yang paling tepat untuk mengatasi saat-saat tersebut – masing masing orang mempunyai caranya sendiri-sendiri yang unik untuk mengatasi perubahan-perubahan tersebut. Carilah bagaimana cara anda untuk menjadikan saat-saat ini sebagai peluang untuk membuat penemuan dan petualangan. Penemuan dan petualangan anda sendiri. Namun ingat, bahwa anda tidak sendirian dan bisa mencakup banyak orang lain dalam perjalanan hidup baru serta perubahan-perubahan ini.

Tidak ada komentar: